Home » » Memilih Bahan Untuk Carport

Memilih Bahan Untuk Carport

Keberadaan carport yang berada di luar rumah (eksterior) jangan dianggap sepele, justru tempat mobil yang umumnya berada di depan atau di samping rumah tersebut menjadi nilai keindahan sebuah rumah. Jangan asal-asalan membuat carport yang akan merusak pemandangan hunian, sebaiknya memilih bahan untuk carport yang sesuai dengan kondisi atau gaya rumah. Hal penting juga adalah ukuran carport yang ideal untuk mobil yang dimiliki.

Memilih Bahan Untuk Carport

Bahan-bahan penting yang perlu diperhatikan untuk membuat carport

Fungsi carport adalah tempat parkir atau garasi mobil di luar rumah. Sedangkan mobil itu memiliki beban cukup berat sehingga membutuhkan lantai yang kuat. Untuk itu buatlah pondasi lantai dari batu kali kemudian dilakukan pengecoran di atasnya. Dengan demikian, lantai akan mampu menampung hampir semua jenis kendaraan.

Selain itu, permukaan lantai carport tidak boleh licin agar mobil tidak gampang slip. Namun perlu diperhatikan, meskipun permukaan kasar akan tetapi mudah untuk dibersihkan. Bahan material yang cocok adalah paving block, beton ekspos atau koral sikat. 

Untuk atap carport hal ini yang umumnya terlihat terlebih dahulu daripada yang lain. Gunakan atap yang bagus dan berkualitas dengan memilih bahan-bahan seperti vinil, polikarbonat, kaca, genteng, dak, metal, fiberglass, dan sebagainya. Untuk penyangga, dapat menggunakan kayu, besi, pilar beton, dan sebagainya. 

Bentuk atap sebaiknya disesuaikan dengan gaya rumah agar tampak serasi. Jika ingin carport terkena sinar matahari pilih atap berbahan transparan seperti vinil, polikarbonat, kaca, fiberglass atau shade sail. Jika ingin teduh atau tertutup, gunakan atap dari bahan genteng, dak, atau atap metal lapis baja ringan.

Memilih Bahan Untuk Carport - Kanal Rumah