Home » » Penggunaan Alat Ukur Meteran Tukang Bangunan

Penggunaan Alat Ukur Meteran Tukang Bangunan

Alat ukur meteran merupakan wajib dan harus dimiliki bagi setiap tukang bangunan. Setiap pekerjaan pembangunan atau renovasi sebuah bangunan akan selalu berhubungan dengan alat ukur ini. Bahan alat ukur meteran ada yang terbuat dari kain, plastik dan juga dari plat besi dalam dua satuan ukuran metrik yaitu dalam satuan meter dan inchi.

Alat ukur meteran saat ini banyak dijual di pasaran dalam berbagi bentuk dan ukuran panjang. Meter ukur kecil mempunyai ukuran panjang 3 m dan 5 m. Sedangkan meter ukur panjang dalam bentuk roll terdapat dalam ukuran 10 m, 20 m, 30 m , 50 m dan 100 m. Anda dapat belanja alat ukur dan thermal camera hanya di Dutapersada.co.id secara online.


Penggunaan Alat Ukur Meteran Tukang Bangunan yang paling populer dan sering digunakan adalah meter ukur panjang 3 m. Dalam pemilihan meter ukur harus diperhatikan jenis meteran harus memiliki standard metrik dimana harus terdapat ukuran meter dan inchi. Jenis meteran yang baik harus memiliki mekanisme penguncian yang akan memungkinkan untuk menarik keluar panjang pita yang dibutuhkan dan kemudian mengunci alat sehingga tidak akan menarik kembali sampai terkunci.

Pada ujung titik nol meteran (biasanya dilapisi plat stainless) , harus diperhatikan mempunyai lobang kaitan yang agak longgar ataupun ujung berbentuk siku kaitan, dimana hal ini didesain untuk memudahkan tukang untuk melakukang pengukuran. Dengan lobang taupun ujung kait , maka tukang dapat dengan laleuasa mengaitkan meteran pada awal pengukuran dan menarik pada ujung lainnya yang diukur, sehingga pengukuran dapat dengan mudah dilaksanakan.

Kotak meteran saat ini mempunyai bentuk yang berbagai macam, pemilihan meteran yang baik adalah meteran yang mempunyai bahan yang kuat dan tahan jika terjatuh. Karena sifat pemakaian yang sering terpakai dan dilakukan pada berbagai tempat maka alat ini mudah beresiko terjatuh. Diusahakan kotak meteran mempunyai kaitan ataupun tali kait sehingga tukang saat selesai memakai dapat dengan cepat mengaitkannya pada kantong yang tersedia. Jenis kotak yang paling baik adalah kotak yang terlindungi oleh bahan karet.

Sumber kutipan: http://ilmutukangbangunan.blogspot.co.id/