Home » » Mengetahui Kualitas Bangunan Rumah

Mengetahui Kualitas Bangunan Rumah

Saat ini banyak pengembang perumahan menawarkan rumah dengan berbagai tipe dan harga. Promosi yang gencar terus dilakukan oleh pengembang agar konsumen tertarik membeli. Namun sebaiknya jangan terlalu mudah percaya kepada promosi atau rayuan agen jika anda ingin membeli rumah yang ditawarkan.

Mengetahui Kualitas Bangunan Rumah


Sudah banyak kekecewaan yang dialami konsumen saat membeli rumah yang ternyata jauh dari kenyataan dengan apa yang dipromosikan terdahulu. Untuk itu jangan pernah ragu untuk bertanya tentang kondisi kualitas bangunan rumah apakah telah sesuai dengan harga yang ditawarkan?

Berikut ada beberapa tips untuk mengetahui kualitas bangunan sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah rumah agar tidak menyesal membeli properti tersebut.

1. Struktur Bangunan Rumah


Perhatikan struktur pondasi bangunan rumah. Material apa yang digunakan dan berapa kedalamannya. Bagaimana struktur tanahnya. Struktur rangka utama bangunan (pembesian, pembetonan, dll) 

2. Atap Rumah

Perhatikan konstruksi atap rumah. Anda dapat bertanya secara bebas, apa rangka atapnya dan apa bahan penutup atap, dan lain sebagainya. Hal ini supaya tahu benar jika terjadi kerusakan apa yang harus dilakukan.

3. Saluran Air

Hal penting yang perlu diketahui tentang pembuangan/limbah air. Berapa ketinggian level tanah dari permukaan tanah dan jalan. Apakah lubang pembuangan atau saluran pembuangan yang ada memiliki dimensi yang besar serta sesuai dengan kapasitas buangan air hujan. Hal ini sangat penting, jika tidak maka akan mahal harganya untuk memperbaiki jika saluran mampet karena pasti ada perbaikan.

4. Detail Permukaan

Perhatikan detail permukaan pada semua sudut rumah dan pastikan permukaan dinding tembok tidak bergelombang juga permukaan lantai, pintu jendela dan lain-lain. Secara kasat mata bisa anda lihat dan jangan sungkan untuk menanyakan jika Anda merasa ada yang janggal pada rumah yang akan Anda beli tersebut.

5. Dapur dan Kamar Mandi

Apakah ketinggian meja dapur sudah sesuai dengan proporsi tinggi Anda, normalnya tinggi meja dapur antara 75-85 cm) Apakah tempat cuci piring sudah sesuai penempatan. Untuk kamar mandi, perhatikan apakah kamar mandi sudah mendapatkan penghawaan yang cukup.

6. Listrik

Pastikan listrik memiliki daya yang mencukupi kebutuhan Anda. Periksa juga penempatan MCB, stop kontak, saklar serta penempatan titik-titik lampu.

7. Lingkungan

Apakah lingkungan calon rumah Anda sudah sesuai dengan keinginan Anda. Lokasi juga menentukan kenyamanan.

Mengetahui Kualitas Bangunan Rumah - Lentera Rumah