Home » » Penyebab Anak Susah Makan

Penyebab Anak Susah Makan

Ada beberapa macam penyebab yang membuat anak susah makan. Bisa karena sakit fisik, perubahan pola makan, atau masalah psikologis. Penanganan problem susah makan ini memang harus sesuai dengan penyebabnya. Jika karena sakit, berikan obat atau bawa dia ke dokter. Jika karena perubahan pola makan, berarti harus mengikuti pola makannya. Jangan memaksa anak mengikuti jam makan atau pola makan orang tua.

Penyebab Anak Susah Makan


Tentukan Makanan yang Akan Dihidangkan

Dr. dr. Saptawati Bardosono dari Indonesian Nutrition Association mengatakan bahwa ada yang namanya Ellyn Satter Theory, yaitu teori yang mengacu bahwa pengasuh atau orangtua berfungsi sebagai gatekeeper. Jadi, sebagai orang tua yang menentukan jenis makanan yang harus dihidangkan atau dimakan oleh si kecil. Sedangkan anak berhak untuk menentukan dan memilih makanan yang sudah dihidangkan dan berapa banyak yang akan dikonsumsinya.

Perkenalkan Makanan Baru Secara Bertahap

Terkadang anak sulit makan karena merasa bosan dengan makanan yang diberikan. Solusinya, bisa secara bertahap memperkenalkan tekstur makanan baru secara bertahap. Jadi, berikan variasi makanan satu per satu, jangan langsung banyak agar si kecil tidak kaget.

Ciptakan Suasana Makan yang Nyaman

Ya, suasana yang nyaman juga berpengaruh pada mood makan si kecil. Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan suasana makan yang nyaman bagi anak, yaitu lingkungan fisik, lingkungan emosional, dan jadilah role model. Lingkungan fisik adalah lingkungan tempat si kecil akan makan, perhatikanlah apakah ruangannya sudah bersih dan membuat si kecil 'betah' untuk duduk dan makan di situ. Lingkungan emosional maksudnya adalah kamu dan si kecil bebas dari perdebatan tentang jenis makanan dan porsi yang harus dikonsumsinya.

Orang tua bisa memberikan vitamin sebagai salah satu cara mengatasi anak susah makan dengan Laperma Platinum. Semoga dengan tips di atas, jadi tidak bingung lagi mengatasi anak yang susah makan ya, Bu!

Sumber:http://family.fimela.com/



Penyebab Anak Susah Makan - Kanal Rumah